Friday, October 1, 2010

dj house



























Semalam nongkrong di rumah teman, ga sengaja, di tv ada tayangan tentang diskotik dan ada cuplikan dj yg lg sibuk. Dan obrolan nyampe jg ke: “ngapain aja si DJ itu?” :-)
well,kebetulan saya tau dikit, kl ada yg lbh tau, mohon di koreksi/tambahin.
DJ = Disc Jokey
pada dasarnya dj bertugas menyambung/ menyatukan berbagai lagu secara nonstop, biasa di sebut REMIX.
Menyambung berbagai lagu inilah yg perlu ketrampilan khusus. Tiap lagu yg di remix, harus sempurna nyambungnya, terutama di bagian ketukannya.
Bagaimana caranya?
Turntable/Meja sang dj di isi beberapa perangkat pemutar disc, baik plat piringan hitam, cd atau perangkat player lainnya.
Minimal ada 2 player dan 1 mixer untuk switch player mana yg dibunyikan ke sound system.
Saat player 1 di mainkan, sang dj akan menyiapkan player ke-2. Saat inilah dj sering menggunakan headphonenya. Sambil mendengar lagu yg bunyi di sound system, dj menyesuaikan lagu berikutnya di player 2. Ketukan dan tempo (tidak harus) di samakan. Perangkat playernya udah di lengkapi fitur untuk pengatur speed/pitch. dgn fitur inilah lagu2 tsb disamakan temponya.
Ketika player 1 mau disambung ke player-2, slider pada mixer di geser ke arah channel/track player 2.
Selalu begitu berulang-ulang sampai durasi yg di tentukan. Player 1 ke player 2, player 2 ke player 1.
Jadi, pada dasarnya, inilah tugas utama sang dj.
Pada perkembangannya sampai saat ini, dj bukan cuma me-remix lagu aja. Kemampuan dj udah semakin hebat. Dj bahkan udah membuat komposisi musik sendiri, bkn cuma memutar lagu orang lain yg udah ada. Dj melengkapi peralatannya dgn berbagai alat spt laptop, synthesizer, micro composer, dll. Bahkan ada juga dj yg sekaligus mengatur tata cahaya (lighting) dan visual di lcd raksasa. Semuanya udah semakin kompleks dan canggih.
Dan inilah yg membuat pamor dj semakin naik, tidak lg hanya sbg pemutar lagu, tapi sudah sbg performer yg cukup menarik untuk di saksikan.

No comments:

Post a Comment